Header Ads

Inilah Arti Mentor BPI, Pada Dauroh Mentor PMT Ibnu Rusyd

 

Pondok Modern Teknik (PMT) Ibnu Rusyd adakan dauroh Mentor Bina Pribadi Islam (BPI) pada (Sabtu, 11 September 2021). Acara tersebut diadakan sebagai bentuk komitmen PMT Ibnu Rusyd dalam melakukan pembinaan kepada Asatiz, karyawan dan santri. Bina Pribadi Islam adalah program wajib dari JSIT Indonesia yang harus dijalankan oleh sekolah/pesantren yang tergabung dengan JSIT Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh segenap pimpinan, asatiz dan karyawan yang diisi langsung oleh kepala bidang Pendidikan dan BPI yayasan Ibnu Rusyd yaitu Agung Nursidik M.Pd. Dauroh mentor yang diselenggarakan di Aula utama PMT Ibnu Rusyd tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas para mentor BPI dalam melakukan pembinaan, pemeliharaan dan pengelolaan kegiatan mentoring.

Hadir memberikan sambutan dan motivasi kepada para asatiz dan karyawan pimpinan PMT Ibnu Rusyd yaitu Ust. Suarifin, S.Pd.I. Beliau menyampaikan kepada para Asatiz dan karyawan bahwa PMT Ibnu Rusyd benar-benar seius dan konsen dalam menjalankan program BPI, maka dari itu semua pihak harus turut serta mensukseskannya. Selain itu beliau menghimbau agar selalu meningkatkan disiplin dan tanggung jawab dalam penerapan program tersebut. Karena program BPI adalah proyek besar yang akan mencetak kader-kader dakwah masa depan yang unggul dan berkarakter.

Dalam materinya Agung menegaskan bahwa para mentor BPI adalah :

1. Mentor adalah orang yang mulia : dalam melakukan pembinaan mentor berperan sebagai seorang da'i yang akan memberikan arahan, masukan, transfer ilmu kepada binaan agar memiliki akhlaq yang mulia.

2. Mentor adalah pemegang proyek peradaban : sebagai seorang da'i mentor harus meyakini bahwa mereka memiliki kontribusi besar dalam mencetak generasi pemimpin yang Sholeh, jujur, adil dan amanah. Sehingga kelak negeri ini jika dipimpin oleh mereka akan menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa Robbun ghafur

3. Mentor adalah generasi pembaharu : mentor yang berperan sebagai da'i akan melakukan perbaikan pemuda dimulai dari perbaikan jiwa, pendidikan dan pembinaan

4. Mentor adalah pewaris para nabi : mentor yang berperan sebagai da'i adalah orang-orang mulia yang melanjutkan tongkat estafet dakwah para nabi dan rasul

5. Mentor adalah penyeru kebaikan : adanya kesesatan dan penyimpangan yang terjadi pada generasi muda saat ini, maka dibutuhkan orang-orang sebagai penyeru kebaikan, kebenaran dan kebaikan. Dengan begitu mentor sebagai da'i maka sangat dibutuhkan untuk mengembalikan generasi mudah agar kembali pada kebaikan.

Melihat fungsi dan peran mentor di atas maka PMT Ibnu Rusyd berkomitmen mencetak mentor-mentor handal yang siap membina para santri menjadi generasi yang Qur'ani, mandiri dan berprestasi senagaimana tagline pendidikan Ibnu Rusyd.

Kegiatan dauroh mentor dilanjutkan dengan program riyadoh (senam dan futsal) bersama pengurus yayasan, asatiz dan santri PMT Ibnu Rusyd dan diakhiri dengan foto bersama.

Comments
0 Comments
Facebook Comments by comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.